Selasa, 28 Maret 2017

Sifat-Sifat Garis Dalam Bidang : Kesejajaran dan Perpotongan



Sifat-sifat garis yang berada dalam sebuah bidang dalam geometri Euclide meliputi garis-garis yang berpotongan atau tidak berpotongan. Dua buah garis dikatakan berpotongan jika ada sebuah titik potong yang dilalui kedua garis. Dua garis tidak saling berpotongan disebut garis sejajar. Perhatikan bentuk garis-garis pada gambar dibawah ini.


Gambar di atas memperlihatkan bahwa garis-garis bergradien positif atau negatif memotong sumbu x dan sumbu y masing-masing di satu titik. Perpotongan garis tersebut dengan sumbu x ditentukan dengan mensubstitusikan nilai y = 0 ke dalam persamaan garis. Perpotongan garis tersebut dengan sumbu y ditentukan dengan cara mensubstitusikan nilai x=0 ke dalam persamaangaris.  Sedangkan garis sejajar sumbu x hanya memotong sumbu y dan tidak memotong sumbu x. Garis sejajar sumbu y hanya memotong sumbu x dan tidak memotong sumbu y. Tabel berikut meringkas hubungan persamaan garis dan titik-titik potong garis terhadap sumbu x dan sumbu y.

Hubungan persamaan garis dan koordinat-koordinat titik potong garis terhadap sumbu koordinat cartesius



Dua garis dapat dikatakan sejajar jika dan hanya jika gradient kedua garis sama. Dan dua garis berpotongan dapat dikatakan tegak lurus apabila sudutnya membentuk sudut siku-siku jika dan hanya jika hasil kali gradient kedua garis bernilai -1.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar